http://cur.cursors-4u.net/sports/images5/spo590.png

Senin, 19 Januari 2015

Pidato "Lingkungan Sehat"

Lingkungan Yang Sehat
Assalamualaikum.Wr.Wb
Yang terhormat Ibu Bapak Guru SMP N 1 Kalasan
Serta teman-teman kelas 9 yang saya banggakan

Marilah kita panjatkan Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkah, karunia, dan nikmat yang begitu banyak, di antaranya nikmat sehat wal’afiat sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di sini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang lingkungan yang sehat.

Ibu Bapak Guru dan Teman-teman kelas 9 sekalian, Ketahuilah bahwa lingkungan adalah tempat bergantung kita untuk hidup dan berada pada sekitar kita yang kita tinggali ini, maka dari itu kita sebagai orang yang menempati lingkungan harus menjaganya dan merawatnya dengan baik. Salah satu cara untuk merawat dan menjaga lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit kita lakukan. Contohnya Menjaga kebersihan lingkungan adalah membuang sampah pada tempatnya. Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai masyarakat sangatlah kurang.  Padahal jika lingkungan bersih, hidup kita pasti nyaman dan tidak ada wabah penyakit yang menyerang lingkungan kita. Jika kita tidak menjaga lingkungan, kita akan mendapat kerugiannya bahkan bencana. Salah satu kerugiannya adalah banyak penyakit yang datang menyerang kesehatan kita dan salah satu bencana yaitu jika kita membuang sampah sembarangan dan tidak pernah dibersihkan maka akan menyebabkan banjir pada musim hujan.

Maka dari itu Ibu Bapak Guru dan teman-teman kelas 9 sekalian, marilah kita menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta lingkungan yang sehat, bebas dari penyakit, dan mencegah bencana alam. Menjaga kebersihan  lingkungan bisa dimulai dari lingkungan rumah kita dan lingkungan sekolah kita ini. Apabila lingkungan rumah dan sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan lingkungan rumah dan sekolah kita ini. Dan kita yang menjadi penghuninnya pasti akan nyaman beraktivitas dan belajar.Menjaga lingkungan bisa kita lakukan dengan membuang sampah ke tempatnnya yang ada di lingkungan sekitar kita.

Membuang sampah juga tidak hanya asal buang saja tetapi biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukan ke tempat sampah. Adapun jenis sampah bisa dibedakan menjadi 3, yaitu :
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk. Contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah. contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain: baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan, akhir kata saya mohon maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan atau menyinggung dihati hadirin sekalian, saya pun mengucapkan terima kasih atas perhatian Ibu Bapak Guru dan teman-teman kelas 9 dan semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wabillahitaufikwalhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar