http://cur.cursors-4u.net/sports/images5/spo590.png

Sabtu, 07 Maret 2015

Pengelolaan sampah

Pengelolaan Sampah.
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mengelola sampah? Mengelola sampah berarti mengumpulkan, mengangkut, memproses, mendaur ulang, atau membuang material sampah. Setiap harinya, manusia pasti menghasilkan sampah. Entah itu sampah rumah tangga seperti sisa makanan, plastik, hingga sampah dari proses industri.
Jenis-jenis sampah .
1.    Sampah organik / Sampah Basah yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah/ biologis. Misalnya adalah sisa makanan, potongan sayur-sayuran, daun-daunan, buah-buahan, nasi, bekas ikan, daging dll.
2.    Sampah anorganik / Sampah kering yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang agak sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan penanganan lebih lanjut. Misalnya adalah plastik, botol-botol kaca, kardus, pembungkus/kemasan plastik atau kertan, karung bekas, Styrofoam dll.
3.    Sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan berbahaya dan beracun. Misalnya adalah bekas bahan kimia beracun, batterey, bekas kemasan air accu, jarum suntik, bekas softex, Camper dll.
Bahkan pada tahun 2012 lalu, Kementerian Lingkungan Hidup mencatat bahwa penduduk Indonesia menghasilkan rata-rata 2,5 liter sampah setiap harinya. Misalkan penduduk Indonesia ada sekitar 250 juta orang, berapa volume sampah yang dihasilkan setiap harinya? Yup, 625 liter! Itu baru dalam sehari, jika selama 1 tahun, berapa sampah yang akan dihasilkan? Jika tidak dikelola dengan baik, bisa-bisa wilayah Indonesia akan diselimuti oleh sampah. Mengerikan, bukan?
Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana mengelola sampah yang benar. Sampah yang tidak dikelola dengan benar dapat menimbulkan berbagai macam bibit penyakit. Tak perlu menunggu menjadi presiden atau Menteri Lingkungan Hidup terlebih dahulu untuk mengatasi masalah sampah. Kita bisa melakukannya dari diri kita sendiri.
Sekecil apapun yang kita lakukan, secara tidak langsung kita sudah turut serta melestarikan lingkungan. Lalu, bagaimana cara mengelola sampah yang baik dan benar? Berikut ini adalah yang bisa kita lakukan untuk mengelola sampah:
1.      Pilahlah sampah di rumah anda. Pisahkan sampah yang mudah terurai atau sampah organik dengan sampah yang sulit terurai atau sampah anorganik. Yang termasuk dalam sampah organik adalah sampah dapur, seperti sisa makanan, sisa sayuran, dan lain-lain. Sedangkan yang termasuk sampah anorganik misalnya sampah plastik, kemasan bekas makanan/minuman, kertas bekas, dan lain-lain.
2.      Sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk kompos. Sedangkan untuk sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang yang bernilai ekonomis, seperti vas bunga, tas, tempat tissue, tempat Koran, dan lain sebagainya.
3.      Menerapkan teknik landfill, yaitu membuang dan menumpuk sampah di tanah yang rendah pada areal terbuka.
4.      Menerapkan teknik sanitary landfill. Mirip dengan teknik landfill, hanya saja sampah ditutup atau diuruk dengan tanah.
5.      Menerapkan teknik incineration, yaitu dengan cara membakar sampah baik dengan cara sederhana maupun cara modern. Teknologi memungkinkan hasil energi pembakaran diubah menjadi energi listrik.
Ada beberapa hal kreatif dan efektif yang bisa kita lakukan yaitu dengan menerapkan prinsip
2. Reduce (mengurangi),
3. Re-use (memakai),
4. Recycle (daur ulang).
REDUCE : Kurangi Sampah
Coba cara-cara ini :
Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja
Jangan menyuguhi tamu dengan air minum yang memakai kemasan gelas plastik/ kertas, tetapi pakailah gelas yang dapat dipakai berulang dan lebih sopan.
Gunakan kertas bolak balik sehingga mengurangi jumlah kertas yang terbuang.
Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis
Membeli susu, makanan kering, deterjen, dan lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama
RE-USE : Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai
Coba cara-cara ini :
Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah
Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus
Memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya
Bekas kaleng-kaleng kosong bisa dijadikan pot-pot tanaman.
RECYCLE : Daur Ulang Sampah
Daur ulang sendiri memang tidak mudah, karena kadang dibutuhkan teknologi dan penanganan khusus.

Tapi laksanakan dengan cara-cara ini :
Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk di daur ulang
Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang
Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang Manfaat Mengelola Sampah.

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan, mungkin 3 langkah penanganan sampah rumah tangga dapat membatu sebagian kecil, yah, walaupun kecil, kalo semua orang melakukan akan berdampak banyak,.
1.       Dipilah: pisahkan sampah yang mudah busuk dan sampah yang tidak mudah busuk.
2.       Dibuat kompos: sampah yang mudah busuk seperti bekas makanan dan sayur-sayuran dapat diolah menjadi pupuk kompos.
3.       Didaur ulang: sampahyang tidak dapat digunakan kembali, diolah menjadi barang yang dapat digunakan kembali atau dijual untuk digunakan ulang oleh orang lain.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari mengelola sampah, diantaranya:
1.      Sebagai pupuk organik, sampah dapat menyuburkan tanaman.
2.      Lingkungan yang bersih dapat mencegah terjangkitnya berbagai macam bibit penyakit.
3.      Dengan tidak membuang sampah sembarangan seperti di sungai atau saluran air, akan dapat mencegah terjadinya banjir.
4.      Dapat meningkatkan kesejahteraan dengan mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

MANFAAT MENABUNG
Manfaat Menabung Bagi Kehidupan
Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar yang ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung.
Kegiatan menabung memang sering dirasakan sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, padahal jika kita mengetahui manfaat menabung ini, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya, seperti berikut ini :
·         Belajar hidup hemat – Kegiatan menabung yang dilakukan secara rutin setelah gajian misalnya, akan membuat seseorang menyisakan pendapatannya sehingga menghindari jajan-jajan yang kurang berguna. Uang tersebut sudah dialokasikan untuk menabung.
·         Ketersediaan uang disaat mendesak – Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, salah satunya ketika jatuh sakit. Saat sakit tentu saja kita membutuhkan pengobatan, uang tabungan ini bisa dipergunakan untuk mengantisipasi keadaan mendadak yang bisa saja datang tiba-tiba.
·         Mencegah berhutang – Keadaan yang mendesak seperti sakit yang membutuhkan perawatan namun, tidak memiliki ketersediaan dana mau tidak mau jalan berhutanglah yang ditempuh. Berhutang kepada bank contohnya, akan berbunga dan malah akan memperberat saat pembayaran. Dengan menabung kita tidak perlu mengalami hal tersebut.
·         Investasi. Salah satu syarat dalam melakukan investasi adalah dengan menabung, tidak mungkin anda dapat memikirkan investasi tanpa menabung dari awal.
Manfaat Menabung Bagi Anak-anak
Manfaat menabung merupakan kegiatan yang baik untuk dipupuk sejak dini, karena melatih menabung bagi anak-anak akan memberikan dampak positif untuk kehidupan mendatang. Menabung bagi anak-anak bisa di mulai dari hal-hal kecil seperti menyisihkan sebagian uang jajannya yang kemudian di masukkan ke dalam celengan. Penerapan sikap ini akan memberikan manfaat menabung yang baik seperti berikut ini :
·         Belajar untuk mengatur uang yang dimiliki
·         Belajar disiplin karena menabung membutuhkan konsistensi dan ketekunan
·         Lebih menghargai uang karena si anak diajarkan untuk menyisihkan uang
Berbagai manfaat menabung ini selain merupakan kegiatan yang berguna namun, hasilnya juga bisa kita rasakan.
Manfaat Menabung Untuk Masa Depan
Tidak dapat dipungkiri bahwa menabung merupakan kunci kesuksesan untuk masa depan, dengan menabung kita dapat menatap masa depan yang cerah. Tak ayal manfaat menabung itu sendiri lebih condong untuk masa depan kita. Berikut di antaranya :
1.     Rencana pensiun, saat sudah tua anda akan memikirkan rencana untuk pensiun, tanpa uang yang cukup hal ini akan mengusik ketenangan pensiun anda. Menabung sejak dini setidaknya dapat memberikan anda ‘nafas’ lega saat pensiun nantinya.
2.     Pendidikan anak. Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya, tak ayal anda harus menyisihkan uang ekstra untuk menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi. Untuk itu menabunglah sejak dini!!
3.     Sakit-sakitan. Hampir sebagian besar dari kita akan mengalami sakit-sakitan pada hari tua, terlebih melihat pola hidup yang tidak sehat serta makanan kimia yang merajai sebagian pasaran. Biaya untuk berobat harus kita tunjang dengan hasil tabungan kita nanti tua, terlebih jika anak-anak kita belum sukses.
4.     Liburan. Siapa yang tidak membutuhkan liburan di hari tuanya ? liburan dan tempat menyenangkan adalah idaman setiap orang tua dan pasti ada pengeluaran tambahan untuk melakukan itu.
Menabung tidak akan merugikan kita, giat menabung semenjak dini tidak hanya bermanfaat melainkan juga dapat membentuk karakter kita sebagai orang hemat dan memenuhi kebutuhan kita (terutama kebutuhan primary) bukan semua yang kita inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar